Home » » Teori Baru Tentang Asal Usul Manusia

Teori Baru Tentang Asal Usul Manusia


Setelah mengetahui moyang manusia modern punah lebih awal dari perkiraan, para ilmuwan mulai mempertanyakan kunci teori evolusi manusia. Seperti apa?
Homo Erectus dianggap sebagai moyang langsung spesies Homo Sapiens. Kedua spesies ini diyakini hidup berdampingan. Homo Erectus bermigrasi keluar Afrika 1,8 juta tahun silam. Sekitar 500.000 tahun silam, spesies ini menghilang dari Afrika dan sebagian besar Asia.
Ilmuwan yakin spesies ini bertahan hidup di Indonesia hingga 35.000 tahun silam. Manusia modern awal sampai di wilayah ini sekitar 40.000 tahun silam dan diyakini hidup berdampingan moyang manusia modern.
Namun hasil,,,,,,,,,,,,,

riset terbaru menyatakan, asumsi ini salah dan Homo Erectus menghilang jauh sebelum kedatangan Homo Sapiens di Asia. Penggalian baru dan analisa penanggalan menunjukkan, Homo Erectus punah 143 ribu tahun silam, bahkan lebih dari 550.000 tahun.
Jika di sini letak masalahnya, bukti ini jelas menantang hipotesa ‘Keluar dari Afrika’ yang menyatakan manusia modern berevolusi secara penuh di Afrika sebelum beremigrasi ke bagian lain di dunia.
Model ini memprediksi waktu Homo Sapiens dan spesies lebih tua digantikan di luar Afrika. Homo Erectus Indonesia yang sebelumnya ditemukan pun menguatkan teori ini.
Dr Etty Indriati dari Universitas Gadjah Mada mengatakan seperti dikutip dailymail, “Homo Erectus mungkin tak berbagi tempat tinggal dengan manusia modern."
Hipotesa ‘multi regional’ alternatif ini menunjukkan, manusia modern berevolusi dari spesies moyang di Afrika, Asia dan Eropa.



0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
KOMENTAR SUDAH DIAKTIFKAN DILARANG MENGGUNAKAN LIVE LINK

0 komentar:

Posting Komentar